Marketing Examination 3

3. Setiap perusahaan terutaman perusahaan yang besar, mempunya struktur organisasi yang dibuat berdasarkan tingkatannya. Ada 3 level yang biasanya ada, yaitu Functional, Sub-Business Unit, dan Corporate. 
a. gambarkan dan jelaskan perbedaan dari 3 level diatas.
b. Jelaskan hubungan antara level perusahaan ini dengan 9 elemen pemasaran pada soal nomor 2
c. Cari contoh perusahaan yang bergerak dalam bidang hospitality (resort, hotel, restoran, dll) yang mempunyai struktur 3 level secara kumplit dan gambarkan struktur organisasinya

a.

  • Top Managament : pada tingkatan top management, memiliki kewenangan tertinggi dalam sebuah organisasi atau perusahan yang bertanggung jawab kepada owner perusahaan itu sendiri. Biasanya, top management berhubungan dengan konsep dan pemikiran mengenai organisasi atau perusahaan tersebut, bukan kepada hal teknis. Biasanya diisi oleh Chief Executive Officer (CEO), General Manager atau Presdir (Presiden Direksi).
  • Middle Management : umumnya tingkatan ini merupakan tingkatan menengah yang bertanggung jawab kepada atasannya dan cenderung ke hal manajerial dan hal teknis dalam menjalankan tugasnya. Biasanya di isi oleh Departement Head atau Asst. Departement Head.
  • Lower Management : tingkatan ini merupakan tingkatan paling rendah dalam level manajemen yang memiliki tugas mengawasi, teknikal dan komunikasi yang sangat berpengaruh dalam melaksanakan tugasnya juga bertanggung jawab kepada departement head. Biasanya di isi oleh Supervisor.
b. 
  • Top Management = Strategy Marketing atau CorporateStrategy Marketing (positioning, segmenting, dan targeting) ini merupakan hal pertama yang harus di rumuskan (planning) secara tepat dan matang oleh para petinggi organisasi untuk menjalankan organisasi atau perusahaan tersebut.
  • Middle Management = Tactic Marketing atau Sub-Business Unit. Tactic Marketing (Differentiation, Selling, dan Marketing Mix) ini merupakan bagian dari middle management yang berhubungan dengan manajerial dan hal teknis yang harus diperhatikan saat petinggi organisasi atau perusahaan sudah memberikan konsepnya.
  • Lower Management = Value Pemasaran/Heart Share. Value Pemasaran/Heart Share (Brand, Service, Process) ini bagian dari lower management  yang berhubungan dengan pengawasan, teknikal dan komunikasi saat middle management atau departement head yang sudah di instruksikan untuk dilaksanakan oleh supervisor.
c. 
Contoh Struktur Organisasi dari The Ritz-Carlton Hongkong 

Komentar

Postingan Populer