Promotion Mix (Bauran Promosi)
Menurut Sumarni & Soepriharto,
Marketing Mix adalah kombinasi atau kumpulan dari variabel atau kegiatan yang
merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan
distribusi yang digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan
konsumen. Promotion Mix merupakan bagian dari marketing mix. Ada 5 bentuk dari
Promotion Mix :
1.
Periklanan (Advertising)
Segala
bentuk komunikasi mengenai suatu produk, jasa atau ide sebuah perusahaan
melalui media yang berbayar, bisa media cetak, media elektronik, tv ataupun
papan iklan. Advertising ini termasuk non-personal karena tidak ada nya kontak
langsung dengan pembeli atau customer dan memiliki jangkauan yang luas.
Periklanan atau advertising ini sudah berkembang sesuai dengan kemajuan
teknologi. Periklanan menggunakan media sosial menjadi pilihan yang sangat
tepat bagi pebisnis mana pun termasuk pebisnis hotel. Karena, kekuatan media
sosial sangat berpengaruh saat ini, konsumen selalu bisa membuka media sosial
dimanapun dan kapanpun mereka inginkan. Periklanan ini dapat dilakukan kapanpun
hotel inginkan karena jangkauannya yang luas. Perikinlanan ini cocok untuk
menggaet guest FIT.
2.
Personal Selling
Segala
bentuk komunikasi mengenai suatu produk atau jasa sebuah perusahaan melalui
komunikasi dua arah secara langsung dengn mempresentasikannya di depan
customer. Personal Selling ini cocok dilakukan untuk menggaet pasar yang lebih
besar, seperti government, corporate dan lain sebagainya.
3. Public
Relation
Suatu
kegiatan yang dapat disebarluaskan melalui sebuah media untuk mendapatkan suatu
citra atau brand image yang positif dimata masyarakat atau calon customer.
Public relation ini cocok ketika pihak hotel melakukan sebuah CSR atau Corporate
Social Responsibility.
4. Sales
Promotion
Suatu
bentuk komunikasi mengenai suatu produk atau jasa sebuah perusahaan yang
mempengaruhi pembelian secara psikologis bagi calon konsumen dengan cara
peragaan, pameran, potongan harga atau promo (diskon 50% atau buy 1 get 1).
Sales Promotion ini cocok ketika adanya sebuah exhibition atau pameran ketika
semua orang datang ke satu tempat dan melakukan promosi yang besar-besaran
untuk menggaet calon konsumen.
5. Direct
Marketing
Menurut
Duncan, Direct Marketing adalah ketika perusahaan ingin menjalin komunikasi
langsung dengan pelanggan, mereka mengguanakan strategi komunikasi langsung,
dimana lebih bisa berinteraksi, database yang memicu proses komunikasi
pemasaran menggunakan media untuk mendorong respon pelanggan. Saat ini, hotel
mulai mengembangkan website hotel sebagai media untuk direct marketing, karena
bisa melakukan live chat secara langsung untuk berkomunikasi langsung dengan
guest dan mendapat respon juga dari guest.
Jadi untuk
untuk menggaet para FIT, cocok untuk menggunakan Periklanan/Advertising
terutama via media sosial. Untuk menggaet pasar yang lebih luas, menggunakan
personal selling. Tapi, Direct Marketing bisa menjadi alternatif lain karena
hotel sudah mulai mengembangkan website untuk lebih atraktif dan informatif
bagi para calon guest.
Sumber :
-
Afrialdi, Tommy. "Pengertian Marketing Mix". kotakpintar.com. 17
Desember 2019. 9 Juni 2020.
- De Vink,
Julianne. "The Future of Personal Selling in the Hotel Industry".
customerengagementmanagementintourism.wordpress.com. 07 Oktober 2017. 9 Juni
2020
- Thidy.
"Berbagai Jenis Promosi untuk Meningkatkan Penjualan dan Pemasaran
Produk". thidiweb.com. 04 November. 9 Juni 2020.
Komentar
Posting Komentar