Promotion Mix (Bauran Promosi)


      Menurut Sumarni & Soepriharto, Marketing Mix adalah kombinasi atau kumpulan dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi yang digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen. Promotion Mix merupakan bagian dari marketing mix. Ada 5 bentuk dari Promotion Mix :
1. Periklanan (Advertising)
Segala bentuk komunikasi mengenai suatu produk, jasa atau ide sebuah perusahaan melalui media yang berbayar, bisa media cetak, media elektronik, tv ataupun papan iklan. Advertising ini termasuk non-personal karena tidak ada nya kontak langsung dengan pembeli atau customer dan memiliki jangkauan yang luas. Periklanan atau advertising ini sudah berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi. Periklanan menggunakan media sosial menjadi pilihan yang sangat tepat bagi pebisnis mana pun termasuk pebisnis hotel. Karena, kekuatan media sosial sangat berpengaruh saat ini, konsumen selalu bisa membuka media sosial dimanapun dan kapanpun mereka inginkan. Periklanan ini dapat dilakukan kapanpun hotel inginkan karena jangkauannya yang luas. Perikinlanan ini cocok untuk menggaet guest FIT.
2. Personal Selling
Segala bentuk komunikasi mengenai suatu produk atau jasa sebuah perusahaan melalui komunikasi dua arah secara langsung dengn mempresentasikannya di depan customer. Personal Selling ini cocok dilakukan untuk menggaet pasar yang lebih besar, seperti government, corporate dan lain sebagainya.
3. Public Relation
Suatu kegiatan yang dapat disebarluaskan melalui sebuah media untuk mendapatkan suatu citra atau brand image yang positif dimata masyarakat atau calon customer. Public relation ini cocok ketika pihak hotel melakukan sebuah CSR atau Corporate Social Responsibility.
4. Sales Promotion
Suatu bentuk komunikasi mengenai suatu produk atau jasa sebuah perusahaan yang mempengaruhi pembelian secara psikologis bagi calon konsumen dengan cara peragaan, pameran, potongan harga atau promo (diskon 50% atau buy 1 get 1). Sales Promotion ini cocok ketika adanya sebuah exhibition atau pameran ketika semua orang datang ke satu tempat dan melakukan promosi yang besar-besaran untuk menggaet calon konsumen.
5. Direct Marketing
Menurut Duncan, Direct Marketing adalah ketika perusahaan ingin menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan, mereka mengguanakan strategi komunikasi langsung, dimana lebih bisa berinteraksi, database yang memicu proses komunikasi pemasaran menggunakan media untuk mendorong respon pelanggan. Saat ini, hotel mulai mengembangkan website hotel sebagai media untuk direct marketing, karena bisa melakukan live chat secara langsung untuk berkomunikasi langsung dengan guest dan mendapat respon juga dari guest.
Jadi untuk untuk menggaet para FIT, cocok untuk menggunakan Periklanan/Advertising terutama via media sosial. Untuk menggaet pasar yang lebih luas, menggunakan personal selling. Tapi, Direct Marketing bisa menjadi alternatif lain karena hotel sudah mulai mengembangkan website untuk lebih atraktif dan informatif bagi para calon guest. 
Sumber :
- Afrialdi, Tommy. "Pengertian Marketing Mix". kotakpintar.com. 17 Desember 2019. 9 Juni 2020.
- De Vink, Julianne. "The Future of Personal Selling in the Hotel Industry". customerengagementmanagementintourism.wordpress.com. 07 Oktober 2017. 9 Juni 2020
- Thidy. "Berbagai Jenis Promosi untuk Meningkatkan Penjualan dan Pemasaran Produk". thidiweb.com. 04 November. 9 Juni 2020.

Komentar

Postingan Populer