Virtual Hotel Operator : Sebuah Konsep Bisnis Baru Startup Hotel (OYO)


    OYO Rooms, merupakan sebuah startup yang diciptakan oleh seseorang yang berasal dari India, Ritesh Agarwal pada tahun 2013. Namun, OYO Rooms ini mulai populer di Indonesia pada tahun 2019 ketika mereka berhasil melakukan ekspansi ke berbagai kota di Indonesia. OYO sendiri menggunakan konsep bisnis VHO atau Virtual Hotel Operator, yaitu operator hotel yang bekerja sama dengan berbagai hotel (pada umumnya budget hotel) untuk memberikan standar fasilitas dan mutu pelayanan kepada penginap. VHO sendiri tidak memiliki properti dikarenakan operator hotel tersebut bekerja sama dengan berbagai hotel lain untuk dikelola dan di rebranding untuk memenuhi standar fasilitas dan mutu pelayanan sesuai dengan operator hotel bersangkutan. Sesudah melakukan kerjasama, operator hotel akan langsung meninjau properti yang akan di gunakan untuk di cek kelayakannya. Setelah di cek, properti tersebut akan di benahi seluruh fasilitas yang ada untuk memenuhi standar dari operator tersebut. 
    Khusus untuk OYO, memiliki aplikasi yang bernama OYO Optimus. OYO Optimus ini berisi perhitungan perkiraan biaya/anggaran untuk memonitor proses renovasi. Juga aplikasi ini memberikan informasi terkini mengenai proses tersebut kepada operator hotel dan owner dari properti tersebut. Setelah proses renovasi tersebut dan sudah memenuhi standar, OYO memasarkan ke berbagai saluran seperti OTA dan ke aplikasi OYO itu sendiri. Karena semua sudah terintegrasi ke pusat operator hotel tersebut, tidak repot untuk menginput data kamar secara manual. OYO mengadopsi Dynamic Room Pricing dengan bantuan Artificial Intelligence (AI). Menurut Goel (Chief Technology Officer OYO), Sistem yang di gunakan oleh OYO berbasis big data yang didalamnya terdapat data occupancy rate dan traffic dari website sumber lain. Setelah di pelajari, ditemukan sistem price by occupancy yang disebut yield management. Mekanisme ini menentukan harga berdasarkan prediksi occupancy, jika occupancy sedang tinggi maka harga kamar akan ikut tinggi juga, begitupun sebaliknya. 

   Struktur Organisasi diatas merupakan gambaran singkat menurut pribadi penulis. Uraian tugas tersebut sebagai berikut :
1. Area Manager
        Area Manager merupakan kepanjangan tangan dari tim pusat sesuai dengan daerah/regional yang sudah ditetap. Area Manager bertanggung jawab terhadap keberlangsungan bisnis yang dijalankan di daerah/regional yang sudah ditetapkan oleh tim pusat.
2. Human Resources
        Human Resources bertanggung jawab sepenuhnya mengenai perencanaan dan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan oleh perusahaan OYO.
3. Sales & Marketing
        Sales & Marketing bertanggung jawab terhadap keberhasilan perusahaan dalam menjual product  (kamar) yang ditawarkan OYO.
4. Operations
        Operations bertanggung jawab terhadap mengawasi operasional yang berjalan untuk meningkatkan customer experience.
5. Technical/IT
   Technical/IT bertanggung jawab terhadap pengembangan dan penyelesaian masalah software/teknologi yang digunakan oleh OYO.
6. Finance
        Finance bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan OYO.
7. Business Development
        Business Development bertanggung jawab untuk melakukan riset pasar secara berkala, menjaga dan menambah relasi dengan orang lain, menyusun dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis.

    Ditengah pandemi saat ini, adapun menurut penulis pribadi beberapa anlisa SWOT dan juga strateginya yang dihimpun dari beberapa sumber :




    Adapun strategi OYO untuk beradaptasi ditengah pandemi seperti :
1. Lingkungan Higienis
        Pihak OYO mengklaim bahwa fasilitas yang disediakan oleh pihaknya selalu dilakukan disinfeksi rutin terhadap objek-objek yang sering disentuh oleh tamu dan penyediaan hand-sanitizer di beberapa titik.
2. Keamanan Tamu dan Staff
        Memastikan untuk penyediaan masker dan hand-sanitizer untuk keamanan tamu dan staff.
3. Kontak Fisik Minimal
        Menerapkan proses check-in dan check-out dengan kontak fisik yang seminimal mungkin.
4. Staff Terlatih
     Pihak OYO melakukan pelatihan kepada staff dan timnya untuk menerapkan prosedur baru mengenai protokol kesehatan dan keselamatan ditengah pandemi ini, seperti kontak fisik minimal dan penerapan social distancing.
5. Saluran Bantuan Darurat dan Rute Rumah Sakit
        Berkoordinasi dengan pihak rumah sakit terdekat jika ada indikasi staff atau tamunya yang terkena gejala atau sudah positif covid-19.
        Demikian tulisan ini saya buat, Mohon maaf bila terjadi kesalahan dalam hal penulisan. Semoga kita semua terlindung selalu diberikan kesehatan oleh-Nya. Aamiin. Terima Kasih.

Sumber :
Pikirantrader.com (2019, 8 Agustus). Virtual Hotel Operator, Pengertian dan Cara Kerja. Dari www.pikirantrader.com/bisnis/9681-virtual-hotel-operator-pengertian-dan-cara-kerja
Ihgma.com (2019,  16 Juli).  Bagaimana Teknologi Virtual Hotel Operator Bantu Tingkatkan Kualitas Hotel Murah. dari www.ihgma.com/bagaimana-teknologi-virtual-hotel-operator-bantu-tingkatkan-kualitas-hotel-murah/
Industri.kontan.id (2020, 19 Oktober). OYO Siap Tampung Pasien Isolasi Mandiri Covid-19. Dari https://industri.kontan.co.id/news/oyo-siap-tampung-pasien-isolasi-mandiri-covid-19
Katadata.co.id. (2020, 17 Juni). OYO Sebut Sudah Kembalikan Dana 80% Pengguna dan Mitra Hotelnya. Dari katadata.co.id/desysetyowati/digital/5eea1acf6abf0/oyo-sebut-sudah-kembalikan-dana-80-pengguna-dan-mitra-hotelnya
Yonulis.com. (2020, September). Babak Belur OYO Hadapi Pandemi. Dari yonulis.com/2020/09/24/babak-belur-oyo-hadapi-pandemi

















 

Komentar

Postingan Populer